Judul | Pengaruh Media Massa terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMP Negeri 1

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana tingkat penggunan media massa (koran, majalah, TV dan radio) bagi siswa SMP Negeri 1 Mandai Kabupaten Maros ?, (2) Apakah siswa di SMP Negeri 1 Mandai Kabupaten Maros memperlihatkan kecederungan prilaku konsumtif?, dan (3) Adakah pengaruh antara media massa dengan perilaku konsumtif siswa SMP Negeri 1 Mandai?
Prosedur pengumpulan data dilakukan dalam data tahapan. Tahapan pendahuluan, tahap pelaksanaan penelitian, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara, yaitu : (1) Dokumentasi (2) kuesioner dan (3) Wawancara. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik stratified purpossive proporsional random sampling dari 350 siswa sebagai populasi menjadi 70 orang siswa sebagai sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan media massa siswa SMP Negeri 1 Mandai Kabupaten Maros masih tergolong jarang ke bawah. Distribusi frekuensi menunjukkan bahwa pada kategori Kadang-kadang dimana terdapat sebanyak 36 siswa dari 70 orang sebesar 51,43% yang menyatakan memanfaatkan media massa dan berada pada kategori sangat sering, kategori sering terdapat sebanyak 14 orang atau sebesar 20% yang memanfaatkan media massa, kategori jarang sebanyak 12 orang atau sebesar 17,14% yang memanfaatkan media massa dan kategori sangat tinggi sebanyak 5 orang atau sebesar 7,14 yang memanfaatkan media massa dan kategori sangat rendah sebanyak 3 orang atau sebesar 4,29 orang yang memanfaatkan media massa, (2) Pola perilaku komsumtif siswa SMP Negeri 1 Mandai berada pada kategori Komsumtif, dimana pada kategori pola prilaku sangat komsumtif terdapat sebanyak 17 orang atau sebesar 24,29% dari 70 orang siswa, pada kategori kumsomtif terdapat sebanyak 37 orang atau sebesar 52,86%, pada kategori kurnag komsumtif terdapat sebanyak 11 orang atau sebsar 15,71%, pada kategori tidak komsumtif terdapat sebanyak 3 orang atau sebesar 4,29% dan pada kategori sangat tidak komsumtif hanya terdapat sebanyak 2 orang atau sebesar 2,86% dari 70 orang responden, dan (3) Pemanfaatan media massa berpengaruh terhadap pola prilaku komsumtif siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Rhitung = 0,026 pada ά = 0,05 pada N = 70, dengan nilai koofisien determinan R2 = 0,0007 atau 0,7%. Hasil pengujian tersebut memberikan makna bahwa, hanya sekitar 0,7 % variabel pemanfaatan media Massa mempengaruhi pola prilaku komsumtif siswa dan faktor lain mempengaruhi selain media massa sebesar 99,93%, seperti latar belakang ekonomi, tingkat umur, lingkungan sosial, pergaulan dan sebagainya

0 comments:

Poskan Komentar