Bimbingan Orang Tua dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Siswa SLTP Negeri 3 Bantimurung 


ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah bagaimana gambaran tentang prestasi belajar siswa dan gambaran tentang bimbingan orang tua siswa pada SLTP Negeri 3 Bantimurung, serta bagaimana pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Bantimurung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan yang bersifat korelasional dengan anggota sampel sebanyak 25 orang siswa dari SMP Negeri 3 Bantimurung Kabupaten Maros, yang dipilih secara stratified purpossive proportional random sampling. Data prestasi belajar siswa diperoleh dari nilai rata-rata (IP) akhir semester dan bimbingan orang tua dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang dikembangkan dalam skala Likert, Teknik dokumentasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang gambaran SMP Negeri 3 Bantimurung Kabupaten Maros.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian bimbingan orang tua terhadap siswa tergolong tinggi baik dari aspek bimbingan dalam belajar di rumah, penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi siswa, membantu mengerjakan tugas/pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru, serta mengatur jadwal belajar siswa dirumah. Selain itu prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Bantimurung di kabupaten Maros tergolong tinggi dilihat dari perolehan nilai rata-rata indeks prestasi kumulatif yang diperoleh pada akhir semester. Berdasarkan hal tersebut maka setelah dilakukan uji korelasi dengan rumus korelasi product moment dari Person diketahui bahwa bimbingan orang tua berpengaruh nyata terhadap prestasi belajar siswa yang berarti bahwa jika intensitas bimbingan orang tua lebih sering dan lebih tinggi, maka prestasi belajar siswa semakin baik atau semakin tinggi.

0 comments:

Posting Komentar