Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 

ABSTRAK   

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran penggunaan media pendidikan pada mata pelajaran bahasa Indonesia, (2) untuk mengetahui gambaran tingkat prestasi belajar bahasa Indonesia, dan
(3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pendidikan pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan tingkat prestasi belajar siswa di SD No 58 Pammelakkang Je’ne. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat korelasional dengan anggota sampel sebanyak 31 orang yang berasal dari SD No 58 Pammelakkang Je’ne, yang dipilih secara stratified purpossive proportional random sampling . Data tentang penggunaan media pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia diperoleh melalui kuesioner dan data mengenai nilai  mata pelajaran bahasa Indonesia siswa SD No. 56 Inpres Pammelakkang Je’ne, diperoleh dari dokumentasi nilai pada semester II tahun pembelajaran 2006/2007.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media pendidikan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD No 58 Pammelakkang Je’ne berada pada kategori sedang yang berarti bahwa kebanyakan guru belum menggunakan media pembelajaran  dalam mengajarkan mata pelajaran bahasa Indonesia, (2) prestasi belajar bahasa Indonesia siswa di SD No 58 Pammelakkang Je’ne berada pada kategori Tinggi, yang berarti bahwa prestasi belajarn siswa berada pada interval nilai rata-rata 7,62 sampai dengan 8, 02, dan (3) ada pengaruh penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan tingkat prestasi belajar siswa di SD No 58 Pammelakkang Je’ne

0 comments:

Poskan Komentar