Judul | Analisis Terhadap Penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Maros 


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang peningkatan penggunaan narkoba di Kabupaten Maros  dalam periode tahun 2005-2007, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan penggunaan narkoba di Kabupaten Maros serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan Kapolres Kabupaten Maros menanggulangi pengugnaan Narkoba di Kabupaten Maros.
Teknik pengambilan sampel dan pengambilan data empiris dilakukan dengan teknik purpossive sampling sebanyak 15 orang dari Resort Kepolisian Maros  (intelejen, sabara dan reserse) 10 orang dari Lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Maros  khususnya dari bagian Program Pembinaan Narapidana. Data penelitian bersumber dari Polres Kabupaten Maros  serta lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Maros, melalui teknik approach sosiological empiric, yakni wawancara langsung dengan beberapa responden pengisian kuesioner terbuka dan tertutup yang telah disiapkan sebelumnya yang semuanya terkait dengan variabel konseptual yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Maros  dari tahun 2005-2007 masih tergolong rendah karena hanya terdapat 2 kasus kejahatan narkoba yaitu jenis shabu-sabu dan ganja. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan narkoba karena letak geografis, kondisi politik dan kondisi lingkungan sosial ekonomi. (3) Upaya yang dilakukan oleh Aparat kepolisian Resort Kabupaten Maros dalam menagguangi Narkoba dilakukan dalam bentuk tindakan pre-emtif, preventif dan tindakan represif

0 comments:

Posting Komentar