Judul:


Hubungan Antara Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam  Dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa di Sekolah pada SMP  Negeri No. 1 Mandai Kabupaten Maros


ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah yaitu: Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri No. 1 Mandai?, Bagaimana gambaran tingkat kedisiplinan siswa di SMP Negeri No. 1 Mandai?, dan Apakah terdapat hubungan antara pemberian mata pelajaran pendidikan Agama Islam dengan tingkat kedisilpinan siswa pada di SMP Negeri No. Mandai?
Prosedur pengumpulan data dilakukan dalam data tahapan. Tahapan pendahuluan, dimana peneliti melakukan studi awal dengan melakukan komunikasi dan pendekatan dengan berbagai pihak yang dianggap dapat mendukung pelaksanaan penelitian ini. Selanjutnya tahap pelaksanaan penelitian, dimana peneliti ke lapangan mencari informasi yang berkaitan dengan penelitian berupa pengumpulan dokumen-dokumen, pengisian daftar isian serta melakukan wawamcara langsung kepada responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara, yaitu : (1) Dokumentasi (2) kuesioner dan (3) Wawancara
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan Pengajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Mandai Kabupaten Maros Berada pada Ketegori Efektif, dari hasil disitribusi frekuensi diperoleh sebanyak 28 orang responden atau sebesar 52,83% yang menyatakan bahwa pelaksanaan pengajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Mandai telah dilaksanakan secara efektif, sebanyak 16 orang atau sebesar 30,19 yang menyatakan efektif, sebanyak 8 orang aau sebesar 15,09% yang menyatakan kurang efektif dan hanya sebanyak 1 orang atau sebesar 1,89% yang menyatakan tidak efektif.
Kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Mandai berada pada kategori Tinggi atau disiplin dari hasil distribusi frekuensi diperoleh sebanyak 3 orang responden atau sebesar 5,66% yang berada pada kategori Sangat disiplin, 36 orang responden atau sebesar 67,92% yang berada pada kategori Disiplin, sebanyak 12 orang atau sebesar 22,64 yang berada pada kategori kurang disiplin, dan hanya masing-maising sebanyak 1 orang atau sebesar 1,89% yang Tidak disiplin.
Ada hubungan antara pengajaran pendidikan agma dengan tingkat kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Mandai Kabupaten maros yang diperoleh dari hasil analisi Korelasi Bivariant dimana nilai r = 0.909 merupakan nilai yang mendekati angka 1 yang berarti bahwa hubungan antara pengajaran Mata pelajaran Pendidikan Agama sangat kuat dengan tingkat kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Mandai Kabupaten Maros

0 comments:

Posting Komentar