Quantum Learning (ART-006)

Pendahuluan 
Hal yang terkadang sulit untuk dilakukan oleh seseorang adalah bagaimana dapat secara rapi dan runtut untuk berfikir terhadap sesuatu. Karena berfikir adalah salah satu proses yang sangat penting apalagi jika kita diperhadapkan pada suatu masalah yang sulit dan rumit. Terkadang seseorang mengalami kendala dalam menyelesaikan setiap tantangan dalam kehidupannya. Sesungguhnya hal tersebut oleh semua orang dapat pula kita lakukan. Akan tetapi apakah yang dapat dilakukan oleh orang lain dalam mengahdapi tantangannya telah pula kita lakukan. Apakah proses berfikir yang mereka lakukan telah kita lakukan pula. Hal inilah yang sesungguhnya harus kita fahami.
Dalam buku Quantum Learning ini dibahas salah satu topik yaitu tentang bagaimana seseorang dapat melakukan proses berfikir yang lebih kreatif dan positif dalam mengahdapi seiap tantangan atau dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi. Anggapan pertama bahwa setiap orang memiliki potensi yang menyebabkan seseorang tersebut dapat berfikir secara lebih kreatif. Akan teapi terkadang kita tidak menyadaibahwa sesungguhnya potensi tersebut juga dimiliki oleh kita seperti orang lain.
Bagaiman langkah  yang dapat kita lakukan agar kita mampu berfikir logis dan kreatif. Mungkin hal ini dianggap sebagai hal yang baru, padahal telah banyak hal yang kita hadapi sekecil apapun dan hal tersebut terselesaikan dengan baik. Sesungguhnya pada saat itu kita telah melakukan proses berfikir logis dan kreatif. Akan tetapi hal tersebutlah yang kemudian kita tidak sadari. Kesadaran kita terhadap potensi tersebut akan menjadi salah satu faktor pendorong kemampuan kita untuk berfikit lebih logis dan kreatif pada setiap masalah baik dalam skala besar maupun masalah-masalah kecil dalam kehidupan kita.
Mengapa kita perlu membahas hal terebut. Ada 5 point yang perlu untuk kita ketahui dalam rangka melatih diri untuk berfikir logis dan kreatif yaitu:

  1. Memaksimunkan proses pemecahan masalah secara kreatif
  2. Biarkan Otak kanan anda bekerja  pada situasi yang menantang
  3. Pahami peran paradigma pribadi dalam proses-proses kreatif
  4. pelajari bagaimana Brainstorming dapat memberikan pemecahan inovatif bagi berbagai masalah.
  5. Temukan keberhasilan dalam “berfikir tentang hasil”

Berfikir Logis Berfikir Kreatif

0 comments:

Posting Komentar