e-Learning Ilmu Pendidikan

Kemudahan mengakses jaringan internet untuk era sekarang seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua kalangan termasuk dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan internet dapat digunakan sebagai media pembelajaran ataupun mejadi sumber belajar bagi guru dan siswa sekaligus. guru dapat memanfaatkan internet untuk memperoleh bahan ajar, sementara siswa dapat menggunakan sebagai sumber belajar. Disamping itu juga guru dapat menjadikan internet sebagai media pembelajaran. Selain itu juga penggunaan dan pemanfaatan internet juga dapat dalam bentuk e-learning ilmu pendidikan.

e-Learning Ilmu Pendidikan sebagai media dan sumber belajar
Melalui E-learning Ilmu Pendidikan maka guru dapat melakukan interaksi edukatif dengan siswa. Interaksi edukatif ini dapat dilakukan dalam bentuk diskusi, tanya jawab secara berkala terhadap materi pelajaran atau dapat menjadikan e-learning ilmu pendidikan sebagai sumber informasi akademik bagi siswa dan mahasiswa.
Pemanfaatan el-learning pendidikan sebagai media pembelajaran berarti guru menjadikan internet sebagai sarana atau media melakukan komunikasi edukatif dengan siswa tanpa harus melakukan komunikasi langsung dalam kelas (tatap muka). Hal ini akan memperbanyak waktu bagi guru dan siswa untuk melakukan komunikasi edukatif. Selain itu juga siswa dapat memeiliki peluang yang lebih banyak untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajarannya yang tidak dapat dituntaskan pada saat terjadi tatap muka dengan guru dalam kelas.

Keuntungan e-Learning Ilmu Pendidikan
Beberapa Keuntungan pembelajaran dengan e-Learning Ilmu Pendidikan adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai bentuk pembelajaran jarak jauh, elearning memiliki beberapa keuntungan yang dapat dirasakan di ataranya adalah:
  2. Pebelajar dapat memperoleh bahan belajar atau materi serta soal-soal yang harus diselesaikanPebelajar dapat mengakses dan mengetahui informasi hasil pekerjaan atau nilai yang diperoleh dari setiap tes yang diselesaikanPembelajar dapat belajar dari komputer pribadi dengan memanfaatkan koneksi jaringan lokal ataupun jaringan InternetPebelajar dapat menggunakan media CD/DVD yang telah disipkan.Pembelajar bisa mengatur sendiri waktu belajar, dan tempat dari mana ia mengakses pelajaran.Jumlah pembelajar yang bisa ikut berpartisipasi dan berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran tidak terbatas dengan kapasitas kelas.Pebelajar dapat melakukan interaksi secara berkelompok melalui Group yang dapat dibuatsendiri oleh para pebelajar berdasarkan tema atau materi pelajaran.Materi pelajaran dapat diketengahkan dengan kualitas yang lebih standar dibandingkan kelas konvensional yang tergantung pada kondisi dari pengajar.


1 komentar: