Perencanaan; Suatu Analisis Terhadap Fungsi Administrasi


BAB I
PENDAHULUAN

Keberhasilan suatu kegiatan  agar kegiatan tersebut dapat berjalan secara efektif dan efisien sangat ditentukan oleh adanya suatu perencanaan yang matang yang didukung oleh organisasi yang tepat. Sebagai suatu sistem yang harmonis  dan dikelola oleh pelaksana yang kompoten dan berdedikasi. Perencanaan ini pada hakekatnya  merupakan salah satu  fungsi dalam managemen yang secara keseluruhan tidak dapat dilepaskan  dari fungsi lainnya. Fungsi perencanaan dalam managemen sangat penting karena menjadi gambaran awal tentang bentuk aktivitas suatu organisasi.
Perencanaan adalah suatu  iktiar untuk menjamin  agar setiap usaha kerjasama yang dilakukan dalam suatu organisasi dapat  berlangsung dengan baik. Dalam perencanaan manajer memutuskan apa yang harus dilakukan, kapan melakukannya, bagaimana melakukannya dan siapa yang melakukannya. Jadi perencanaan adalah  pemilihan sekumpulan  kegiatan dan pemutusan selanjutnya, apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan oleh siapa (Handoko, 1998). Dalam membuat suatu perencanaan, berbagai faktor yang harus diperhitungkan untuk dapat menghasilkan suatu bentuk perencanaan yang matang. Diantara hal yang perlu dipertimbangkan adalah  kondisi waktu, sarana dan prasarana, atau faktor penghambat dan pendukung rencana tersebut.
Kebutuhan akan perencanaan ada pada semua tingkatan dan jenis organisasi. Perencanaan pada tingkatan tertentu  akan memberi dampak pada kesuksesan suatu organisasi. Manager puncak biasanya mencurahkan sebagian besar waktu perencanaan mereka untuk rencana-rencana jangka panjang dan strategi-strategi organisasi. Manajer pada tingkatan bawah merencanakan bagi kelompok kerjanya untuk jangka pendek.
Perencanan adalah merupakan suatu proses yang harus diimplementasikan  setiap saat dalam kondisi dan perubahan  yang terjadi dalam suatu organisasi. Kemampuan menyususn perencanaan yang efektif akan berpengaruh terhadap keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan demikian sebuah perencanaan efektif jika perencanaan tersebut disusun dan dapat diimplementasikan secara kontinyu serta memiliki fleksibilitas, serta memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang mungkin akan mengalami perubahan.
Untuk itu maka dapat diketahui bahwa sesungguhnya perencanaan terkait erat dengan beberapa fungsi administrasi. Dalam makalah ini akan dibahas tentang perencanaan sebagai salah satu fungsi administrasi.

BAB II
PERENCANAAN SEBAGAI FUNGSI ADMINISTRASI
A. Hakikat Perencanaan
Seperti telah dikemukakan sebelumnya bahwa perencanaan terkait erat dengan manajemen. Suatu rencana pada dasarnya  merupakan suatu kegiatan  yang ditentukan sebelum melakukan berbagai kegiatan guna mencapai tujuan. Perencanaan juga dapat dikatakan sebagai suatu bentuk  tindakan yang menyeluruh yang berusaha mengoptimalkan dana, sarana dan sebagainya dalam suatu sistem (Parnomo, 1982)

0 comments:

Posting Komentar