Peranan Pendidikan Agama Terhadap Pembinaan Akhlak Anak dalam Keluarga

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah yaitu sejauh mana peran pendidikan agama terhadap pembinaan akhlaq anak dalam keluarga, bagaimana bentuk pelaksanaan pendidikan agama dalam kaitannya dengan pembentukan akhlaq dalam keluarga, serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan agama dalam keluarga.
Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan metode pengumpulan data yang menggunakan beberapa literatur dengan cara membaca dan menganalisa buku-buku, majalah, serta tulisan yang ada hubungannya dengan pembahasan materi skripsi. Metode analisis data menggunakan tekhnik induktif, deduktif dan komparatif.
hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidikan agama dalam lingkungan keluarga sangat penting dalam pembinaan akhlak, karena keluarga merupakan peletak dasar pertama pendidikan. oleh karena itu maka agar anak dapat mengembangkan aspek rohani dalam dirinya, maka sebuah keluarga harus tercipta secara harmonis dengan menjalankan fungsi dan peran serta menunaikan dan memenuhi hak dan kewajiban masing-masing anggota keluarga agar kebutuhan anggota keluarga tersebut dapat terpenuhi.
Pelaksanaan pendidikan agama dalam lingkungan keluarga kaitannya dengan pembentukan akhlak adalah dengan melaksanakan pendidikan agama yang disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak yang terdiri dari perkembangan anak usia balita, usia sekolah dasar dan remaja.
Bentuk pelaksanaan pendidikan selain dengan memberikan secara teoritis tentang akhlak juga harus disertai dengan contoh tauladan kepada anak oleh orang tua, maka faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan agama dalam keluarga terdiri dari faktor internal yaitu faktor yang berasal dari lingkungan keluarga itu sendiri seperti kondisi keluarga yang harmonis atau tidak, tidak berjalannya fungsi dan peran masing-masing anggota keluarga, baik ayah, ibu dan anak, tingkat ekonomi keluarga yang rendah dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar lingkungan keluarga yaitu masyarakat, lingkungan sosial, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi informasi dan komunikasi

0 comments:

Poskan Komentar