KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PERANANNYA DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU PADA SD NEGERI NO. 3 PAKALLI I KECAMATAN BANTIMURUNG KABUPATEN MAROS

Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah Bagaimana gambaran kepemimpinan kepala SD Negeri No 3 Pakalli Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros? Bagaimana gambaran etos kerja guru SD Negeri No 3 Pakalli Kecamatan bantimurung Kabupaten Maros? Bagaimana peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru SD Negeri No 3 Pakalli Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan yang bersifat korelasional dengan anggota sampel sebanyak 9 orang guru dari SD No. 3 Pakalli Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros,. Data penelitian yang terdiri dari kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja guru dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang dikembangkan dalam skala Likert, Teknik dokumentasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang gambaran SD No. 3 Pakalli Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada umumnya guru pada SD Negeri No 3 Pakalli Kecamatan Bantimurung menilai bahwa kepemimpinan kepala sekolah tergolong sangat Tinggi. Pada umumnya etos Kerja guru pada SD Negeri No 3 Pakalli Kecamatan Bantimurung tergolong sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka setelah dilakukan uji korelasi dengan rumus korelasi product moment dari Person diketahui bahwa Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh nyata terhadap etos kerja guru.

0 comments:

Posting Komentar