POLA PEMBINAAN PESANTREN DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI KABUPATEN MAROS (Study pada Pondok Pesantren Darul Istiqamah Pusat Kabupaten Maros)
ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah yaitu Bagaimana gambaran umum Pondok Pesantren Darul Istiqamah Pusat Kabupaten Maros?, Bagaimana gambaran pola pembinaan Pondok Pesantren Darul Istiqamah Pusat Kabupaten Maros dalam pelaksanaan pendidikan Islam ? dan Bagaimana pola pelaksanaan pendidikan Islam pada Pondok Pesantren Darul Istiqamah Pusat Kabupaten Maros?
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data yang menggunakan beberapa literatur dengan cara membaca dan menganalisa buku-buku, majalah, serta tulisan yang ada hubungannya dengan pembahasan materi skripsi. Metode analisis data menggunakan tekhnik induktif, deduktif dan komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Darul Istiqamah Pusat Kabupaten Maros, adalah merupakan pondok pesantren yang telah memiliki sarana dan fasilitas pendukung yang memadai untuk melaksanakan kegaitan pendidikan Islam.Pembinaan yang dilaksanakan pada Pondok Pesantren Darul Istiqamah Pusat Kabupaten Maros dalam pelaksanaan pendidikan Islam  melaui beberapa program yaitu (1) program pendidikan, (2) program Dakwah, (3) Program Ekonomi, dan (4) Program Kaderisasi.
Pola pelaksanaan pendidikan Islam pada Pondok Pesantren Darul Istiqamah Pusat Kabupaten Maros, dilaksanakan dengan menganut pola yang menggabungkan antara pesantren Modern dan Pesantren Tradisional sehingga dapat dikatakan bahwa pesatren Darul Istiqamah merupakan pesantren yang berciri Pesatren Semi Salaf, semi khalaf. Hal tersebut terlihat dari pola pendidikan Islam yang dilaksanakan di lingkungan pesantren Darul Istiqamah yaitu dengan menggunakan metode kalsikal dan metode Khalaqah. Selain juga diketahui dari jenjang pendidikan yang dilaksankan didasarkan pada UU Sistem Pendidikan Nasional an juga melaksanakan kegaitan pendidikan lainnya seperti Kulliatul Muballighin dan Tahfizul Qur’an sebagai kegaitan tambahan bagi para santri.

0 comments:

Posting Komentar