Kemampuan Menulis Kata Turunan Bahasa Indonesia Siswa SD


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan tingkat kemampuan siswa Kelas VI SD No. 26 Inpres Cambaya menulis kata turunan dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik artinya menggambarkan penulisan kata turunan berupa kata berimbuhan, awalan dan akhiran serta kata bersambung kemudian menganalisis kemampuan siswa menulis kata turunan tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan tiga tahap, yaitu: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis kata turunan berada pada kategori tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil distribusi frekuensi yaitu: terdapat sebanyak 4 responden atau sebesar 33,33 persen responden yang memiliki kemampuan menulis kata turunan berada pada kategori sangat tinggi, sebanyak 3 responden atau sebesar 25,00 persen yang memiliki kemampuan menulis kata turunan berada pada kategori tinggi, sebanyak 2 responden atau sebesar 16,67 persen yang memiliki kemampuan menulis kata turunan berada pada kategori sedang dan sangat rendah, dan terdapat sebanyak 1 orang responden atau sebesar 8,33 persen yang memiliki kemampuan menulis kata turunan berada pada kategori rendah.

0 comments:

Posting Komentar