Pengaruh Tes Formatif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar di SD No 11 Tajo Desa Sawaru Kecamatan Camba Kabupaten Maros

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang pengaruh tes formatif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri No. 11 Tajo. Skripsi ini adalah suatu jenis penelitian lapangan dengan pokok permasalahan bagaimana pengaruh pelaksanaan tes formatif terhadap ppeningkatan hasil belajar siswa di SD Negeri No. 11 Tajo dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam dan apakah ada hubungan antara tes formatif dan tes sumatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan tes formatif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui berapa besar korelasi (hubungan) antara tes formatif dengan tes sumatif.Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interviu, dan tes. Selanjutnya diolah dengan menggunakan rumus korelasi product moment untuk mengolah data dari respon melalui tes dari hasil pengolahan tersebut diperoleh hasil Γ x y = 0,527, selanjutnya disejajarkan dengan nilai Γ x y tabel yang derajat derajat kebebasan 0,05 dengan dk (derajat kebebasan) 34 diperoleh nilai hasil 0,127 tersebut menjelaskan bahwa nilai Γ x y berada diatas batas penerimaan Γ x y tabel, dengan demikian yang diajukan dapat diterima.Sebagai kesimpulan penelitian dapat dikemukakan bahwa ada hubungan antara tes formatif dan tes sumatif.

0 comments:

Posting Komentar