Sasaran Administrasi Pembangunan (MKL-014)

Sasaran Administrasi Pembangunan 


BAB I
PENDAHULUAN

Administrasi Negara sebagai suatu Ilmu, terus mengalami perkembangan. Perkembangan pemikiran  bisa dilihat dari teori atau paradigma, baik dalam model pemikiran atau peralatan analisa dan arah perhatian serta methodologinya. Administrasi pembangunan berkembang sebagai salah satu kecenderungan baru dalam Ilmu administrasi Negara. Dilihat dari konteks pemikiran  dalam administrasi negara, ada pula pandangan administrasi negara baru. Akan tetapi keduanya sesungguhnya dikaitkan dengan konteks sosial permasalahan masyarakat dan kebijaksanaan pemecahannya. Sementara administrasi pembangunan mengaitkan  pada konteks sosial masyarakat negara-negara membangun. (Bintoro, 1988) Dalam konteks tersebut diketahui bahwa arah pengembagan ilmu administrasi khususnya administrasi negara  adalah pengembangan kearah administrasi pembangunan yang menitik beratkan pada pelaksanaan administrasi di negara-negara yang sedang berkembang.
Perkembangan Ilmu administrasi pembangunan merupakan tuntutan zaman dalam arti bahwa baik teori, rumusan, prinsip dan dalil-dalil administrasi negara sebagai induk dari administrasi pembangunan, dianggap tidak lagi tepat dijadikan sebagai instrumen penyelenggaraan pembangunan, sehingga dibutuhkan paradigma baru dalam administrasi pembangunan.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas, kami mencoba mengemukakan sasaran administrasi pembangunan berdasarkan ciri-ciri administrasi pembangunan itu sendiri.

0 comments:

Posting Komentar