Pengertian Administrasi (MKL-013)

Pengertian Administrasi (MKL-013)

Pendahuluan


Ilmu yang mempelajari proses kegiatan kerjasama manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan adalah Ilmu Administrasi. Kegiatan kerjasama itu sendiri merupakan gejala yang sifatnya universal, sejak zaman manusia primitif sampai zaman modern sekarang ini. Administrasi dapat ditemukan dalam setiap kehidupan manusia, baik dalam bidang politik, pemerintah, sosial, ekonomi, budaya maupun keagamaan.

Agar terjadi kerjasama untuk mencapai tujuan, diperlukan proses penggerak. Proses Penggerak dalam administrasi disebut managemen. Dengan demikian administrasi mencapai tujuan melalui managemen. Sedangkan kegiatan kerjasama tersebut supaya berhasil dengan baik, dalam artian tujuan dapat dicapai, maka diperlukan adanya wadah, kerangka atau struktur. Wadah kerangka dan struktur tersebut dimana kerjasama itu dilakukan disebut Organisasi. Dengan demikian, sesungguhnya membicarakan tentang administrasi tidak dapat dipisahkan dengan managemen, Organisasi dan Administrasi.

Pengertian Administrasi

Administrasi berasal dari bahasa latin: Ad yang berarti intensif dan ministrate berarti melayani, membantu, memenuhi. Jadi administrasi adalah melayani dan membantu secara intensif (Sukarna, 1990).

Pengertian administrasi dalam Bahasa Indonesia ada dua pengertian yaitu:

0 comments:

Posting Komentar