Peranan Pendidikan Agama terhadap Pembinaan Akhlak dalam Keluarga

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah Sejauh mana pelaksanaan program pembelajaran bidang studi pendidikan Agama Islam serta pengaruhnya terhadap pembentukan Akhlaq siswa pada SMP Negeri 2 Bantimurung,. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library research) dengan metode pengumpulan data yang menggunakan beberapa literatur dengan cara membaca dan menganalisa buku-buku, majalah, serta tulisan yang ada hubungannya dengan pembahasan materi skripsi. Metode Analisis Data menggunakan tekhnik induktif, deduktif dan komparatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri 2 Bantimurung dilaksankaan oleh guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dengan alokasi waktu sebanyak 120 jam per minggu dengan mengacu kepada Garis-Garis Besar Program Pembelajaran yang tertuang dalam Kurukulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pengajaran pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri 2 Bantimurung memuat materi tentang Aqidah, ibadah, Muamalah dan akhlak serta materi Tharikh. Materi tersebut disampaikan oleh guru dalam bentuk kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajaran pendidikan agama Islam pada SMP Negeri 2 Bantimurung berpengaruh terhadap aspek tingkah laku atau akhlak siswa karena dalam mata pelajaran tersebut menyangkut materi akhlak yang menjelaskan tentang Akhlak baik yang harus dialakukan oleh siswa dan akhlak buruk yang harus dihindari. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan Agama Islam berdampak baik terhadap akhlak siswa baik di dalam lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

0 comments:

Poskan Komentar