Peranan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Potensi Dasar Anak Pada Murid SD Inpres No. 24 Parengki Kabupaten Maros
ABSTRAK
Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SD Inpres No. 24 Parengki Kabupaten Maros?, (2) Bagaimana Gambaran perkembangan potensi dasar Anak pada murid SD Inpres No. 24 Parengki Kabupaten Maros? dan (3) Bagaimana peran mata pelajaran pendidikan Agama Islam terhadap pengembangan potensi dasar anak pada murid SD SD Inpres No. 24 Parengki Kabupaten Maros?
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Studi Kepustakaan (Library Research), Observasi Terbatas, Teknik Wawancara; teknik ini meliputi dua cara, yaitu: (a) Wawancara dengan menggunakan kuesioner, (b) Wawancara bebas dan mendalam. (c) Teknik Dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 25 orang yang diambil dari populasi sebesar 307 orang siswa dengan tekhnik stratified proporsional random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Pengajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri No. 24 Parengki Kabupaten Maros telah dilakukan yang terdiri dari Instructional Objectives, Entering Behaviour, Instructional Prosedure, dan Performance Assesment sehingga diperoleh rata-rata persentase pelaksanaannya yaitu sebesar 79,33% telah dilaksanakan dengan persentase rata-rata lebih besar dibandingkan dengan yang tidak dilaksanakan guru yaitu sebesar 20,57%. (2) Perkembangan Potensi Dasar Murid SD Negeri No. 24 Parengki Kabupaten Maros yang terdiri dari perkembangan potensi fisik, potensi, intelektual, potensi moral dan agama serta potensi sosial dengan persentase rata-rata perkembagan potensi dasar siswa sebesar 75,50% lebih tinggi dibandingkan rata-rata persentase potensi dasar siswa sebesar 24,50% yang belum berkembang dengan baik. (3) Peran pengajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Perkembangan Potensi Dasar Murid pada SD Negeri No. 24 Parengki Kabupaten Maros sangat tinggi yang diketahui dari persentase rata-rata pengajran pendidikan agama Islam yang memuat tentang pengembangan potensi dasar anak sebesar 79,33% yang berarti bahwa hanya sebesar 20,64% pengajaran agama tidak mengarah kepada pengembangan potensi dasar anak
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan pesan disini
ABSTRAK
Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SD Inpres No. 24 Parengki Kabupaten Maros?, (2) Bagaimana Gambaran perkembangan potensi dasar Anak pada murid SD Inpres No. 24 Parengki Kabupaten Maros? dan (3) Bagaimana peran mata pelajaran pendidikan Agama Islam terhadap pengembangan potensi dasar anak pada murid SD SD Inpres No. 24 Parengki Kabupaten Maros?
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Studi Kepustakaan (Library Research), Observasi Terbatas, Teknik Wawancara; teknik ini meliputi dua cara, yaitu: (a) Wawancara dengan menggunakan kuesioner, (b) Wawancara bebas dan mendalam. (c) Teknik Dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 25 orang yang diambil dari populasi sebesar 307 orang siswa dengan tekhnik stratified proporsional random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Pengajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri No. 24 Parengki Kabupaten Maros telah dilakukan yang terdiri dari Instructional Objectives, Entering Behaviour, Instructional Prosedure, dan Performance Assesment sehingga diperoleh rata-rata persentase pelaksanaannya yaitu sebesar 79,33% telah dilaksanakan dengan persentase rata-rata lebih besar dibandingkan dengan yang tidak dilaksanakan guru yaitu sebesar 20,57%. (2) Perkembangan Potensi Dasar Murid SD Negeri No. 24 Parengki Kabupaten Maros yang terdiri dari perkembangan potensi fisik, potensi, intelektual, potensi moral dan agama serta potensi sosial dengan persentase rata-rata perkembagan potensi dasar siswa sebesar 75,50% lebih tinggi dibandingkan rata-rata persentase potensi dasar siswa sebesar 24,50% yang belum berkembang dengan baik. (3) Peran pengajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Perkembangan Potensi Dasar Murid pada SD Negeri No. 24 Parengki Kabupaten Maros sangat tinggi yang diketahui dari persentase rata-rata pengajran pendidikan agama Islam yang memuat tentang pengembangan potensi dasar anak sebesar 79,33% yang berarti bahwa hanya sebesar 20,64% pengajaran agama tidak mengarah kepada pengembangan potensi dasar anak
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan pesan disini
0 comments:
Posting Komentar