Kemampuan Menulis Deskripsi melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SDN No. 11 Tajo Kec. Camba Kabupaten Maros. 


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa Kelas V SDN No. 11 Tajo Kec. Camba Kabupaten Maros dalam menulis Deskripsi melalui penggunaan media pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas V SDN No. 11 Tajo Kec. Camba Kabupaten Maros yang berjumlah 14 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel total (total sampling). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis berdasarkan gambar seri yang diberikan kepada masing-masing siswa. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh gambaran bahwa nilai yang diperoleh siswa sampel bervariasi. Siswa sampel yang memperoleh nilai 10 sebanyak 5 siswa (35,71%); yang mendapat nilai 9 sebanyak 7 siswa (50%), yang mendapat nilai 8 sebanyak 1 siswa (7,14%), dan yang mendapat nilai 7 sebanyak 1 siswa (7,14%). Rata-rata kemampuan siswa SDN No. 11 Tajo Kec. Camba Kabupaten Maros dalam menulis deskripsi melalui media gambar seri adalah 9,14 yang diperoleh dari hasil bagi jumlah seluruh nilai (∑ X) dengan jumlah siswa sampel (N) atau (∑ X / N = 128/14= 9,14).

Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan siswa SDN No. 11 Tajo Kec. Camba Kabupaten Maros dalam menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar seri adalah sangat tinggi karena jumlah siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke atas mencapai kriteria jumlah yang ditentukan, yaitu 85%. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa dari 14 siswa yang dijadikan  sampel, semuanya mendapat nilai 6,5 ke atas (100%).

Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan pesan disini

0 comments:

Posting Komentar