Efektivitas Penggunaan Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada SMP Swasta Angkasa (Disamakan) Kecamatan Mandai Kab. Maros
ABSTRAK
Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana gambaran efektivitas penggunaan metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) Bagaimana tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan (3) Apakah terdapat hubungan antara efektivitas penggunaan metode pembelajaran dalam pelaksanaan tugas mengajar guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa SMP Swasta Angkasa Lanud Hasanuddin Kec. Mandai?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan populasi sebanyak 70 orang responden dari SMP Swasta Angkasa Lanud Hasanuddin Kec. Mandai. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berada pada kategori efektif, (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berada pada kategori sedang yaitu berada pada rentang skor nilai antara 7,25 – 7,55, dan (3) Terdapat hubungan antara efektivitas penggunaan metode pembelajaran dalam pelaksanaan tugas mengajar guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa SMP Swasta Angkasa Lanud Hasanuddin Kec. Mandai
ABSTRAK
Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana gambaran efektivitas penggunaan metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) Bagaimana tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan (3) Apakah terdapat hubungan antara efektivitas penggunaan metode pembelajaran dalam pelaksanaan tugas mengajar guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa SMP Swasta Angkasa Lanud Hasanuddin Kec. Mandai?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan populasi sebanyak 70 orang responden dari SMP Swasta Angkasa Lanud Hasanuddin Kec. Mandai. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berada pada kategori efektif, (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berada pada kategori sedang yaitu berada pada rentang skor nilai antara 7,25 – 7,55, dan (3) Terdapat hubungan antara efektivitas penggunaan metode pembelajaran dalam pelaksanaan tugas mengajar guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa SMP Swasta Angkasa Lanud Hasanuddin Kec. Mandai
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan pesan disini
0 comments:
Posting Komentar