Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Kelompok Kecil pada Murid Kelas V SD Inpres 7/83 Watang Cani II Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone 


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia melalui pembelajaran belajar kelompok kecil pada murid kelas V SD Inpres 7/83 Watang Cani II Kabupaten Bone dapat ditingkatkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakah kelas (classroom action research). Subyek penelitian adalah seluruh murid kelas V tahun pelajaran 2009-2010 sebanyak 23 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen test dan lembar observasi. Selanjuntya instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar murid dan lembar observasi digunakan untuk menumpulkan data tentang aktivitas belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitati untuk mengolah data berupa hasil belajar siswa dengan mengetahui nilai rata-rata, nilai maksimum dan nilai minimim skor perolehan siswa. Sementara analisis data kuantitatif yang diberlakukan pada data hasil observasi terhadap kegiatan  pembelajaran melalui penggunaan metode pembinaan kelompok kecil.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bimbingan kelompok kecil efektif digunakan sebagai metode untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sistem gerak di kelas V SD Inpres 7/83 Watang Cani II Kabupaten Bone.


Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan pesan disini

0 comments:

Posting Komentar