Motivasi Kerja Karyawan Universitas Muhammadiyah Makassar

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran motivasi kerja karyawan di Universitas Muhammadiyah  Makassar, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan di Universitas Muhammadiyah. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan ex post facto. Adapun lokasi penelitian dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Makassar . Variabel utama penelitian terdiri atas variabel motivasi kerja karyawan dan  variabel faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan karyawan pada Universitas Muhammadiyah Makassar , sebanyak 49 orang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah (1) instrumen faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja pegawai, (2) instrumen motivasi kerja pegawai. Metode pengumpulan data terdiri atas observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis statistik deskriptif  dilakukan dengan menggambarkan kecenderungan data (tendensi sentral) variabel faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja dan variabel motivasi kerja pegawai, yakni: rata-rata nilai (mean), median, modus, standar deviasi, nilai maksimum, nilai minimum, dan rentang nilai (range) setiap variabel, serta analisis distribusi frekuensi dengan menggunakan model tabel silang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja karyawan di Universitas Muhammadiyah Makassar  dapat dilihat dari kondisi motivasi intrisik berupa motivasi berprestasi, menghindari kegagalan, bekerja keras berada pada kategori baik serta mengaktualisasikan diri berada pada kategori sangat baik, sedangkan motivasi ekstrinsik berupa pujian, hukuman berada pada kategori sangat baik sedangkan aturan berada pada kategori sedang.

Pada umumnya faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan di Unismuh Makassar berada pada kategori baik yang diketahui dari faktor higienik seperti upah, supervisi dan keamanan kerja yang masih dominan berada pada kategori baik, sedangkan faktor pemotivasi seperti jenis atau karakteristik pekerjaan dan prestasi kerja pegawai juga berada pada kategori baik.

Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan pesan disini

0 comments:

Posting Komentar