Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa  Melalui Experiental Learning 

ABSTRAK

Penelitian dilaksanakan di SD No. 32 Inpres Mangai pada siswa kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SD No. 32 Inpres mangai melalui experiental learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakah kelas (classroom action research) yang meliputi (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) observasi dan evaluasi (observation & evalution),dan (4) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah seluruh siswa Kelas IV tahun pelajaran 2007-2008 sebanyak 26 orang siswa. Intrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran experiental learning, hasil aktivitas belajar siswa di kelas IV SD No, 32 Inpres Mangai dapat ditingkatkan. Hal tersebut dapat dilihat pada analisis data hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II dimana secara kuantitatif terjadi peningkatan sebesar 67,5 % meningkat menjadi 71,7%.

0 comments:

Posting Komentar