Pengaruh Perkembangan Usia terhadap Prestasi Belajar Anak di SD Negeri 3 Tala’ Kabupaten Pangkep

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah: (1) Bagaimana gambaran perkembangan usia siswa SD No. 3 Tala’ Kabupaten Pangkep?, (2) Bagaimana tingkat prestasi siswa SD No. 3 Tala’ Kabupaten Pangkep?, dan (3) Bagaimana pengaruh perkembangan usia terhadap prestasi belajar siswa SD No. 3 Tala’ Kabupaten Pangkep?

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis data dengan menggunakan statistik inferensial. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa, yang dipilih dengan menggunakan menggunakan teknik stratified purpossive sampling.

Pada penelitian ini penulis menggunakan instrumen berupa daftar isian dan data dokumentasi untuk memperoleh data tentang umur dan tingkat prestasi siswa. Selain itu juga digunakan format wawancara untuk memperoleh data tentang kondisi sekolah, dan untuk melengkapi hal-hal yang terkait dengan penelitian ini. Khusus untuk data tingkat prestasi belajar siswa dilakukan dengan mengumpulkan nilai-nilai siswa dari data dokumentasi berupa nilai rata-rata hasil ujian semester siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Usia siswa SD No. 3 Tala’ Kabupaten Pangkep yang mendaftar untuk sebagai siswa baru umurnya berkisar antara 5 – 6.5 tahun yang merupakan umur dimana anak tersebut belum berada pada usia yang tepat untuk masuk sekolah dasar. (2) Tingkat prestasi belajar siswa SD No. 3 Tala’ Kabupaten Pangkep berada pada kategori sedang yaitu rata-rata nilai yang diperoleh berada pada interval 7 – 7.5. (3) Faktor usia siswa memiliki pengaruh terhadap tingkat prestasi belajar siswa SD No. 3 Tala’ Kabupaten Pangkep. Jika tingkat umur siswa yang terdaftar pada sekolah tersebut berada pada interval usia SD, yaitu 6.5 – 7.5 tahun, maka prestasi belajar yang diperolehnya juga tinggi yaitu berkisat 8,50 – 9,50. Dengan demikian maka perkembangan umur siswa pada saat masuk SD akan mempengaruhi prestasi belajarnya di sekolah

Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan pesan disini

0 comments:

Posting Komentar