Hubungan Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Minat Mengikuti Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 17 Di Kecamatan Tallo Kota Makassar

Abstrak

Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah Bagaimana gambaran minat siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 17  di Kecamatan Tallo terhadap pelajaran agama?, Bagaimana gambaran kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 17  di Kecamatan Tallo?, dan Apakah terdapat hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur'an dan minat siswa terhadap pelajaran agama pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 17  di Kecamatan Tallo? Faktor-faktor apa yang mempengaruhi hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dan minat terhadap pelajaran agama siswa pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 17 di Kecamatan Tallo?

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan yang korelasional dengan anggota sampel sebanyak 69 orang siswa dari SMA Negeri No. 17 Kec. Tallo. Data penelitian yang terdiri dari Minat Siswa mengikuti mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang dikembangkan dalam skala Likert, sedangkan data kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan intrumen Test Membaca Al-Qur’an. Teknik dokumentasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang gambaran SMA Negeri No. 17 Kec. Tallo Makassar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan siswa membaca Al-Qur’an pada SMA Negeri No. 17 di Kec. Tallo tergolong sedang. Minat siswa mengikuti mata pelajaran pendidikan Agama Islam berada pada kategori sedang yang berarti siswa kurang berminat mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri No. 17 di Kec. Tallo.  Ada hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan minat siswa dalam mengikuti pelajaran agama pada siswa SMA Negeri No. 17 di Kec. Tallo.

Faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan minat siswa dalam mengikuti pelajaran agama pada siswa SMA Negeri No. 17 di Kec. Tallo adalah (1) Faktor Eksternal yaitu faktor yang bersumber dari luar seperti faktor isi materi pelajaran yang disampaikan, metode penyajian guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, dan (2) Faktor Internal yaitu faktor yang berasal dari dalam seperti keinginan siswa untuk memperoleh nilai tinggi pada mata pelajaran pendidi kan agama Islam dan karena siswa ingin memiliki pengetahuan keagamaan yang lebih baik.



Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan pesan disini

0 comments:

Posting Komentar