ABSTRAK
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri No. 2 Tobonggae Kec. Camba Kab Maros. Skripsi.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa  kelas V SD Negeri No. 2 Tobonggae Kabupaten Maros.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum penerapan tindakan pada siklus Pertama, terlebih dilakukan observasi awal untuk memperoleh model dan format penerapan tindakan pada siklus I. Sedangkan tindakan yang diterapkan siklus II adalah  ditentukan berdasarkan hasil refleksi dan analisis data pada siklus I.

Penelitian dilaksanakan di SD Negeri No. 2 Tobonggae yang berada di bawah naungan Cabang Diknas Kec. Camba Kabupaten Maros sebanyak 6 kelas.   Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V tahun pelajaran 2009-2010 sebanyak 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa  kelas V SD Negeri No. 2 Tobonggae Kabupaten Maros dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

0 comments:

Posting Komentar