BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Kehidupan manusia hampir seluruh aktifitasnya tidak dapat dipisahkan dari komunikasi. Dalam berkomunikasi manusia memanfaatkan media atau sarana yang dapat menunjang efektifitas komunikasi yang dilakukan. Dengan demikian pemanfaatan sarana telekomunikasi tersebut memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia.
Sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, disertai keinginan manusia untuk dapat hidup lebih baik dari sebelumnya mengakibatkan manusia senantiasa melakukan inovasi dalam menunjang terjalinnya komunikasi dengan baik. Secara umum perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi  membawa pengaruh besar dalam kehidupan manusia. Akan tetapi secara khusus juga membawa dampak dan pengaruh  besar terhadap perkembangan tekhnologi informasi yang memiliki kecenderungan yang bersifat praktis, cepat tepat dan lancar. Informasi yang cepat, tepat dan praktis tersebut dapat di akses dan diterima masyarakat  melalui penggunaan media informasi seperti Telepon, internet, dan fasilitas informasi lainnya. Untuk  dapat memenuhi kecenderungan tersebut di atas mengakibatkan munculnya upaya untuk dapat menyediakan pelayanan jasa telekomunikasi yang dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses atau memperoleh informasi yang akurat, tepat dan cepat.
Berdasarkan kecenderungan perkembangan tersebut di atas serta semakin tingginya mobilitas masyarakat dalam aktifitasnya di hampir semua bidang kehidupan menyebabkan permintaan terhadap pelayanan jasa telekomunikasi pun semakin meningkat. Akan tetapi dalam dekade sekarang ini berbagai tuntutan dan keluhan masyarakat  terhadap pelayanan jasa telekomunikasi tersebut semakin tinggi. Hal tersebut dapat saja terjadi karena keterbatasan kemampuan penyedia jasa telekomunikasi untuk memberikan “serve” yang maksimal terhadap pelanggan. Beberapa persoalan yang seering menjadi tuntutan pelanggan adalah munculnya rasa tidak puas karena adanya keterlambatan pemasangan, gangguan tekhnis serta jadwal dan kesempatan untuk mendapatkan pemasangan baru serta jangka waktu penyelesaian pemasangan  yang berbeda-beda.
Di negara Republik Indonesia keberadaan telekomunikasi diakui sebagai salah satu aspek yang dapat mendukung keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional. Sehingga pemerintah memberikan dukungan  terhadap lembaga-lembaga penyedia jasa telekomunikasi terseut untuk dapat memberikan pelayanan maksimal, baik terhadapa masyarakat secara umum maupun terhadap institusi pemerintah dan swasta. Bentuk dukungan pemerintah dalam hal ini adalah  dengan memberikan konsensi agar telekomunikasi  dapat tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan tekhnologi. Pemerintah memberikan dukungan terhadap  pengusaha jasa telekomunikasi baik dalam bentuk infra dan suprastruktur yang dapat mendukung keberhasilan penyedia jasa telekomunikasi sehingga dapat secara maksimal melayani pelanggan.
Salah satu institusi penyedia jasa telekomunikasi di Indonesia adalah TELKOM yang berfungsi memberikan pelayanan kepada masyarakat dalma bidang telekomunikasi. Untuk dapat mengukur keberhasilan dalam memberikan pelayanan kepada masyaraka maka dapt diukur dengan menggunakan indikator  tingkat kepuasan pelanggan. Tingkat kepuasan pelanggan dapat diukur dari  kualitas produk dan layanan yang dihasilkan, cara memberikan pelayanan, hubungan antara pribadi yang berbentuk melalui layanan tersebut.
Dari ketiga komponen tersebut di atas, maka penulis  ingin meneliti tentang sejauh mana tingkat pelayanan TELKOM khhusnya di TELKOM Kandatel Makassar dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

B.    Batasan dan Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian tersebut di atas maka dalam skripsi ini penulis mengangkat masalah yang berkaitan dengan pelayanan TELKOMsebagai penyedia jasa telekomunikasi. Mengingat  luasnya cakupan  pelayanan tersebut yang terdiri dari  pelayanan pasang baru, pengaduan, pembayaran an sebagainya sehingga penunlis hanya mengangkat masalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana bentuk-bentuk pelayanan pada PT Telkom Kandatel  Makassar?
  2. Bagaimana bentuk dan kualitas pelayanan pemasangan baru telepon pada PT Telkom Kandatel  Makassar Makassar?
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan pesan di sini

2 komentar: