Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar IPA Biologi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas VII SMP PERGIS Maros. Lokasi penelitian adalah SMP PERGIS Maros Kelas VII dan dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2008. Variabel yang diteliti adalah peningkatan hasil pembelajaran Biologi dan pendekatan inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP PERGIS Maros sebanyak 34 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA Biologi kelas VII SMP PERGIS Maros mengalami peningkatan melalui pembelajaran inkuiri. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil analisis data di mana hasil belajar siswa pada nilai awal berada pada kategori tinggi di mana dari 34 orang siswa terdapat sebanyak 11 orang sebesar 32,35 persen, pada siklus I siswa nilai siswa berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 10 orang siswa dari 34 orang atau sebesar 29,41 persen, dan pada siklus II nilai siswa berada pada kategori tinggi di mana sebanyak 16 orang dari 34 orang siswa atau sebesar 47,06 yang memiliki nilai yang berada pada kategori tersebut. Secara kuantitatif terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa 50,74 meningkat pada siklus II menjadi 58,68, artinya terjadi peningkatan sebanyak 70,38, point pada siklus II
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan klik disini
0 comments:
Posting Komentar