Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pengajaran langsung terhadap konsep sistem pernapasan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Camba Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitia dengan pendekatan “randomized post test control-group only design Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar. Variabel yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah variabel penerapan model pembelajaran langsung (KE) dan variabel penggunaan Metode ceramah (KK) Sampel penelitian ini adalah 28 orang kelompok Eksperimen dan 34 orang siswa untuk kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan Wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensia dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguasaan konsep sistem pernapasan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Camba Kabupaten Maros yang mengikuti pembelajaran dengan model pengajaran langsung berada pada kategori sangat tinggi, (2) penguasaan konsep sistem pernapasan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Camba Kabupaten Maros yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah berada pada kategori tinggi, dan (3) terdapat perbedaan hasil siswa pada mata pelajaran Biologi yang diajar melalui metode pembelajaran langsung dan yang diajar melalui metode ceramah.
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan klik disini

0 comments:

Posting Komentar