ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembinaan dan pengembangan belajar kelompok kecil pada murid kelas V SD Inpres NO. 28 Bontotallasa Kabupaten Maros. Jenis penelitian berupa penelitian deskriptif. Variabel yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu sistem pembinaan dan pengembangan belajar kelompok pada murid kelas V SD Inpres NO. 28 Bontotallasa Kabupaten Maros. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD No. 28 Inpres Bontotallasa sebanyak 16 orang. Tekhnik pengumpulan data dalam bentuk lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi Dokumentasi dan wawancara. Tekhnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan semua data dari variabel meliputi mean, median, modus, standar deviasi, distribusi frekuensi, dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembinaan dan pengembangan belajar kelompok kecil pada murid kelas V SD Inpres NO. 28 Bontotallasa Kabupaten Maros ditandai oleh aktivitas guru berupa aktivitas pada tahap Pra Instruksional, Instruksional dan Tahap akhir dengan persentase sebesar 76,92% serta aktivitas siswa dan keterampilan kooperatif dengan persentase sebesar 40,3%.
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan klik disini
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembinaan dan pengembangan belajar kelompok kecil pada murid kelas V SD Inpres NO. 28 Bontotallasa Kabupaten Maros. Jenis penelitian berupa penelitian deskriptif. Variabel yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu sistem pembinaan dan pengembangan belajar kelompok pada murid kelas V SD Inpres NO. 28 Bontotallasa Kabupaten Maros. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD No. 28 Inpres Bontotallasa sebanyak 16 orang. Tekhnik pengumpulan data dalam bentuk lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi Dokumentasi dan wawancara. Tekhnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan semua data dari variabel meliputi mean, median, modus, standar deviasi, distribusi frekuensi, dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembinaan dan pengembangan belajar kelompok kecil pada murid kelas V SD Inpres NO. 28 Bontotallasa Kabupaten Maros ditandai oleh aktivitas guru berupa aktivitas pada tahap Pra Instruksional, Instruksional dan Tahap akhir dengan persentase sebesar 76,92% serta aktivitas siswa dan keterampilan kooperatif dengan persentase sebesar 40,3%.
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan klik disini
0 comments:
Posting Komentar