ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembinaan dan pengembangan belajar kelompok kecil pada murid kelas V SD Inpres NO. 28 Bontotallasa Kabupaten Maros. Jenis penelitian berupa penelitian deskriptif. Variabel yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah variabel tunggal  yaitu sistem pembinaan dan pengembangan belajar kelompok pada murid kelas V SD Inpres NO. 28 Bontotallasa Kabupaten Maros. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD No. 28 Inpres Bontotallasa sebanyak 16 orang. Tekhnik pengumpulan data  dalam bentuk lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi Dokumentasi dan wawancara. Tekhnik analisis data menggunakan analisis deskriptif  kualitatif yang  digunakan  untuk mendeskripsikan  semua  data dari variabel  meliputi mean,  median,  modus,  standar deviasi,  distribusi frekuensi,   dan  persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembinaan dan pengembangan belajar kelompok kecil pada murid kelas V SD Inpres NO. 28 Bontotallasa Kabupaten Maros ditandai oleh aktivitas guru berupa aktivitas pada tahap Pra Instruksional, Instruksional dan Tahap akhir dengan persentase sebesar 76,92% serta aktivitas siswa dan keterampilan kooperatif dengan persentase sebesar 40,3%.

Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan klik disini

0 comments:

Posting Komentar