ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan ulangan harian, prestasi belajar Bahasa Indonesia dan pengaruh antara keefektifan pelaksanaan ulangan harian dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas IV SD No. 36 Inpres Macowa. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan pendekatan Korelasional. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu pelaksanaan ulangan harian mata pelajaran Bahasa Indonesia (X) dan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (Y). Instrumen yang digunakan dalam bentuk tes multiple choise dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD No. 36 Inpres Macowa sebanyak 44 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif teknik statistik inferensial untuk menguji hipotesis antara variabel bebas dengan variabel terikat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ulangan harian mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD No. 36 Inpres Macowa berada pada kategori sangat efektif, prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD No. 36 Inpres Macowa berada pada kategori tinggi, serta ada pengaruh antara keefektifan pelaksanaan ulangan harian dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas IV SD No. 36 Inpres Macowa.
Untuk memperoleh naskah selengkapnya, silahkan klik disini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan ulangan harian, prestasi belajar Bahasa Indonesia dan pengaruh antara keefektifan pelaksanaan ulangan harian dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas IV SD No. 36 Inpres Macowa. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan pendekatan Korelasional. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu pelaksanaan ulangan harian mata pelajaran Bahasa Indonesia (X) dan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (Y). Instrumen yang digunakan dalam bentuk tes multiple choise dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD No. 36 Inpres Macowa sebanyak 44 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif teknik statistik inferensial untuk menguji hipotesis antara variabel bebas dengan variabel terikat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ulangan harian mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD No. 36 Inpres Macowa berada pada kategori sangat efektif, prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD No. 36 Inpres Macowa berada pada kategori tinggi, serta ada pengaruh antara keefektifan pelaksanaan ulangan harian dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas IV SD No. 36 Inpres Macowa.
Untuk memperoleh naskah selengkapnya, silahkan klik disini.
0 comments:
Posting Komentar