ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui tingkat kecepatan membaca bacaan Bahasa Indonesia, kemampuan memahami isi bacaan Bahasa Indonesia dan untuk mengetahui pengaruh antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami isi bacaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD No 36 Inpres Macowa Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian survei karena datanya dikumpulkan dari isian kuesioner responden dengan pendekatan Korelasional. Adapun variabel yang akan diteliti, terdiri atas dua macam variabel yaitu variabel bebas adalah kecepatan membaca yang diberi simbol (X) dan variabel terikat yaitu kemampuan memahami isi bacaan diberi simbol ( Y ). Instrumen penelitian adalah “stop watch” untuk mengukur kecepatan siswa membaca kata per menit, sedangkan instrumen dalam bentuk tes multiple choise dengan alternatif jawaban terdiri empat pilihan dengan skor jika jawaban benar diberi point 1 (satu) dan jika jawaban salah diberi poin 0 (nol) untuk mengukur tingkat kemampuan siswa memahami bacaan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif teknik statistik inferensial untuk menguji hipotesis antara variabel bebas dengan variabel terikat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan membaca bacaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD No 36 Inpres Macowa Kabupaten Maros berada pada kategori cukup yaitu antara 90 – 101 KMP. Kemampuan memahami isi bacaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD No 36 Inpres Macowa Kabupaten Maros berada pada kategori tinggi yaitu antara 7,6 – 8,0. Ada pengaruh yang signifikan antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami isi bacaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD No 36 Inpres Macowa Kabupaten Maros.
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan klik disini
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui tingkat kecepatan membaca bacaan Bahasa Indonesia, kemampuan memahami isi bacaan Bahasa Indonesia dan untuk mengetahui pengaruh antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami isi bacaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD No 36 Inpres Macowa Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian survei karena datanya dikumpulkan dari isian kuesioner responden dengan pendekatan Korelasional. Adapun variabel yang akan diteliti, terdiri atas dua macam variabel yaitu variabel bebas adalah kecepatan membaca yang diberi simbol (X) dan variabel terikat yaitu kemampuan memahami isi bacaan diberi simbol ( Y ). Instrumen penelitian adalah “stop watch” untuk mengukur kecepatan siswa membaca kata per menit, sedangkan instrumen dalam bentuk tes multiple choise dengan alternatif jawaban terdiri empat pilihan dengan skor jika jawaban benar diberi point 1 (satu) dan jika jawaban salah diberi poin 0 (nol) untuk mengukur tingkat kemampuan siswa memahami bacaan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif teknik statistik inferensial untuk menguji hipotesis antara variabel bebas dengan variabel terikat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan membaca bacaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD No 36 Inpres Macowa Kabupaten Maros berada pada kategori cukup yaitu antara 90 – 101 KMP. Kemampuan memahami isi bacaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD No 36 Inpres Macowa Kabupaten Maros berada pada kategori tinggi yaitu antara 7,6 – 8,0. Ada pengaruh yang signifikan antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami isi bacaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD No 36 Inpres Macowa Kabupaten Maros.
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan klik disini
0 comments:
Posting Komentar