ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dalam pembelajaran Realistik dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 1 Tanralili. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum penerapan tindakan pada siklus Pertama, terlebih dilakukan observasi awal untuk memperoleh model dan format penerapan tindakan pada siklus I. Sedangkan tindakan yang diterapkan siklus II adalah ditentukan berdasarkan hasil refleksi dan analisis data pada siklus I. Penelitian dilaksanakan di Kelas X SMA Negeri 1 Tanralili, terhadap 30 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran realistik pada mata pelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 1 Tanralili dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa. Aktivitas guru dalam pembelajaran realistik adalah (a) merancang proses pembelajaran sesuai dengan keadaan riil (b) melakukan proses pembelajaran Biologi yang terintegrasi, menggunakan sumber atau media, memotivasi siswa dan menciptakan kondisi kelas dan menciptakan susasana belajar, (c) mengkondisikan lewat pengaturan tempat duduk yang memungkinkan siswa untuk dapat berdiskusi dan sharing pendapat antar siswa selama proses pembelajaran berlangsung, yang membuat susasana kelas menjadi hidup dan siswa bergairah dan akrab.
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan klik disini
Penelitian bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dalam pembelajaran Realistik dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 1 Tanralili. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum penerapan tindakan pada siklus Pertama, terlebih dilakukan observasi awal untuk memperoleh model dan format penerapan tindakan pada siklus I. Sedangkan tindakan yang diterapkan siklus II adalah ditentukan berdasarkan hasil refleksi dan analisis data pada siklus I. Penelitian dilaksanakan di Kelas X SMA Negeri 1 Tanralili, terhadap 30 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran realistik pada mata pelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 1 Tanralili dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa. Aktivitas guru dalam pembelajaran realistik adalah (a) merancang proses pembelajaran sesuai dengan keadaan riil (b) melakukan proses pembelajaran Biologi yang terintegrasi, menggunakan sumber atau media, memotivasi siswa dan menciptakan kondisi kelas dan menciptakan susasana belajar, (c) mengkondisikan lewat pengaturan tempat duduk yang memungkinkan siswa untuk dapat berdiskusi dan sharing pendapat antar siswa selama proses pembelajaran berlangsung, yang membuat susasana kelas menjadi hidup dan siswa bergairah dan akrab.
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan klik disini
0 comments:
Posting Komentar