ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar pada murid kelas II SD Negeri No 36 Tallasa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SD No 36 Tallasa Kabupaten Maros. Desain penelitian ini dilakukan dalam tiga tahapan pokok yaitu (1) pengumpulan data,
(2) pengolahan dan analisis data, serta (3) penarikan kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan kuosioner dan lembar observasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas II SD Negeri No 36 Tallasa sebanyak 21 orang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan teknik Dokumentasi, Lembar Observasi, dan Wawancara sebagai pelengkap. Tekhnik analisis data menggunakan  analisis data deskriptif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu:
(1) reduksi data, (2) display data, dan (3) penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan bimbingan dan pengajaran bahasa Indonesia di kelas II di SD Negeri No. 36 Tallasa, guru lebih banyak menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar baik pada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Prestasi belajar siswa berada pada kategori sedang yaitu pada interval nilai antara 6,72 – 7,42
Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan klik disini

0 comments:

Posting Komentar