BAB I
PENDAHULUAN

Abad 21 muncul ditandai dengan isu  tentang era millenium yaitu globalisasi sebagai suatu proses dan perubahan kehidupan manusia menuju suatu tatanan masyarakat yang meliputi seluruh bola dunia dengan budaya yang baru. Proses tersebut memungkinkan  dan dipermudah oleh adanya kemajuan dalam duni tekhnologi khususnya teknologi informasi dan transportasi.Perubahan tatanan masyarakat tersebut mengarah pada pola perubahan tradisional menjadi era modern dimana era modernisasi merupakan suatu era yang menampilkan dunia dalam karakter dan citra yang sama sekali berbeda dengan karakter sebelumnya. Perubahan yang ditimbulkan  oleh proses modernisasi yang melanda  dunia terutama sejak revolusi industri telah dikategorikan revolusioner dibandingkan dengan proses perubahan sebelum itu (Rahardjo, 1999). Perubahan –perubahan itu  mencapai tingkat akumulasi yang tinggi, terutama berkat kehadiran tekhnologi modern dan produl-produk tekhnologi dalam kehidupan ssial umat manusia.

Bull mengungkapkan bahwa dunia telah mengecil  kedalam suatu sistem internasional, dimana kehidupan manusia akan ditentukan  oleh jaringan komunikasi informasi dan tekhnologi, serta kerapatan transportasi (Tibi dalam Tamara dan Taher, 1996). Dalam masyarakat yang global itu terbentuk sebuah format baru interaksi sosial yang berbeda dari sebelkumnya. Kemajuan tekhnologi informasi akan berimbas pada terbentuknya sebuah tatanan hidup masyarakat yang hedonistik, individualistik, egoistik, meterialistik dan teknoistik.

Kemajuan tekhnologi informasi dalam dunia global mengakibatkan terjadinya akulturasi yang berat sebelah  yaitu adanya dominasi  budaya luar terhadap budaya lokal, dimana budaya lokal mengalami pergeseran nilai. Tidak dapat disangkal bahwa  umat manusia telah dilanda krisis yang maha besar oleh semakin mengecilnya dunia dan menyatunya  manusian dalam dunia imajinatif tekhnologi.. Hal tersebut yang menyebabkan munculnya isu globalisasi diseluruh bidang kehiduan manusia.

Salah satu hasil rekayasa teknologi yang dapat secara signifikan berpengaruh terhadap perubahan sosial dalam masyarakat dan mengakibatkan terjadinya era globalisasi khsusnya dibidang informasi adalah dengan ditemukannya tekhnologi  informasi  berua TV, Radio, intenet dan era komputerisasi. Menurut robert H. Lauer (2001) bahwa sesungguhnya media TV menjadi salah satu faktor utama yang dapat mendorong terjadinya perubahan sosial ditengah-tengah masyarakat. Perubahan tersebut terjadi sebagai akibat dari pengaruh infiltrasi dan percampuran kebudayaan melalui enayangan TV  yang secara langsung atau tidak langsugng berpengaruh pada pola interaksi individu dan kelompok dalam masyarakat.

Berdarkan hal tersebut di atas maka pada makalh ini akan kami bahas hal yang berkaitan dengan pengaruh penggunaan media TV khsuusnya media Televisi kabel pada masyarakat Fak-Fak dan bentuk pola pendidikan yang digunakan untuk dapat memberikan daya filter bagi pengaruh-pengaruh yang disalurkan ,melalui media tersebut. Karena perlu dipahami bahwa pengertian pendidikan sebagai proses penyiapan peserta didik ntuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya mesti menjadi dasar pokok untuk memahami peran pendidikan dalam menghadapi perubahan tersebut.



BAB II
POLA PENDIDIKAN KELUARGA
PADA MASYARAKAT PENGGUNA JARINGAN TV KABEL

A.Masyarakat Penggunan Jaringan TV Kabel
Kehadiran station jaringan TV kabel di tengah-tengah masyarakat  memabawa hawa baru bagi masyarakat. Hal beru yang dimasksudkan adalah karena TV kabel memiliki berbagai bentuk dan model penayangan  yang mungkin disatu sisi dapat mempercepat terjadinya perubahan sosial di masyarakat, akan tetapi disisi lain dapt menyebabkan terjadinya penghamabatan perubahan sosial dan bahkan akan membawa dampak negatif terhadapa kondisi dan struktur sosial masyarakat. Bukan tidak mungkin dalam penayangan tersebut terdapat hal-hal yang justru bertentangan dengan niali-nilai dan norma-norma yang dianut suatu masyarakat, sementara tidak terdapat daya filter yang seimbang untuk menangkal pengaruh negatif dari tayangan tersebut.

Untuk naskah selengkapnya silahkan klik disini

0 comments:

Posting Komentar