BAB I
PENDAHULUAN

Pola pembangunan daerah yang ada sekarang ini dikatakan sebagai hasil dari pelaksanan strategi program sektoral yang dilakukan sepanjang proses pembangunan Nasional. Dalam trilogi pembangunan nasional yang pada setiap priode berbeda tujuan dan strategi yang dipergunakan, maka dilakukan upaya pembangunan daerah sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah untuk melajkkan pemerataan dalam proses pembangunan.
Dalam rangka pembangunan daerah perhatian pemerintah terutama ditujukan untuk mendorong pertumbuhan di wilayah untuk mendorong  ketertinggalan wilayah miskin dibandingkan dengan wilayah lainnya. Realitas di indoneisa membuktikan bahwa ada kesan pemerataan pembangunan tidak tercapai karena adanya perbedaan menyolok antara pembangunan di kawasan timur Indonesia dengan daerah lainnya.. untuk itu maka pelaksanaan pembangunan daerah harus dilaksanakan secara terencana dan terarah  agar sumber dana yang terbatas dapat dilaksanakan sebaik-baiknya.
Pengembangan ekonomi daerah disorong dengan memanfaatkan  potensi sumber daya yang dimimiliki yang secara eksplisit dirumuskan dlam bentuk upaya pelaksanaan pembangunan yang diperioritaskan  di Kawasan timur Indonesia. Untuk mencapai tuuan pembanguan nasional maka pembangunan dilaksanakan dengan sasaran pemantapan otonomi daerah yang nyata dan dinamis serta semakin meratanya pembangunan dan hasil-hasilnya dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Untuk itu maka dalam rangka untuk dapat memberikan pelayaan yang maksimal kepada masyarakat maka harus dilakukan berbagai bentukperubahan yang disesuaikan dengan tuntutan masyarkat. Bagaimana upaya pemeritnah untuk dapat meberdayakan pelayana administratif kepada masyarakat secara cepat dan tepat serta bagaimana upaya peningkatan peran pemerintah daerah  dalam melaksanakan pembangunan serta pendayagunaan adminsitrasi sehingga tercapai tujuan pembangunan naional yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Untuk itu diperlukan suatu pola dan strategi yang harus diterapkan pemerintah dengan beberapa pertimbangan tertentu seperti yang kami bahas secara ringkas dalam makalah.

0 comments:

Posting Komentar