ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah yaitu: Bagaimana gambaran pelaksanaan Proses pembelajaran mata pelajaran pendidikan Agama Islam pada SD No. 24 Parengki ? dan sejauh mana tingkat kemampuan guru dalam mengimplementasikan pendidikan Islam dalam Proses Pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD No. 24 Parengki ?
Prosedur pengumpulan data dilakukan dalam data tahapan. Tahapan pendahuluan, dimana peneliti melakukan studi awal dengan melakukan komunikasi dan pendekatan dengan berbagai pihak yang dianggap dapat mendukung pelaksanaan penelitian ini. Selanjutnya tahap pelaksanaan penelitian, dimana peneliti ke lapangan mencari informasi yang berkaitan dengan penelitian berupa pengumpulan dokumen-dokumen, pengisian daftar isian serta melakukan wawamcara langsung kepada responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara, yaitu : (1) Dokumentasi dan (2) Observasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan Proses pembelajaran mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SD No. 24 Parengki dilaksanakan yang dibagi dalam tiga kegiatan pokok yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan pembelajaran inti dan kegiatan penutup. Dari kegiatan tersebut diketahui bahwa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran mata pelajaran pendidikan Agama Islam guru memperoleh skor tertinggi pada kegiatan akhir, dimana guru melaksanakan sebesar 53,33 persen dari keseluruhan kegiatan yang seharusnya dilakukan oleh guru. Sedangkan untuk kegiatan pendahuluan guru hanya memperoleh skor 5 yang berarti bahwa hanya 33,33 persen yang dilaksanakan oleh guru dalam menutup kegiatan pembelajaran.
Tingkat kemampuan guru dalam mengimplementasikan pendidikan Islam dalam Proses Pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD No. 24 Parenki nilai persentase kemampuan guru adalah 55 %. Hal tersebut bermakna bahwa kemampuan guru mengiplementasikan pendidikan Islam pada penbelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SD Inp. No. 24 Parengki berada pada kategori Sedang

0 comments:

Posting Komentar