Urgensi Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Siswa di SMA Muhammadiyah 6 Makassar
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, untuk mengetahui gambaran perilaku siswa di lingkungan SMA Muhammadiyah 6 Makassar, dan mengetahui urgensi Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku siswa SMA Muhammadiyah 6 Makassar
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang bersifat kualitatif dengan anggota populasi sebanyak 103 orang siswa yang berasal dari 3 kelas di SMA Muhammadiyah 6 Makassar. Data efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam dan perilaku siswa di lingkungan SMA Muhammadiyah 6 Makassar dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang dikembangkan dalam skala Guthman, Teknik dokumentasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang gambaran SMA Muhammadiyah 6 Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 6 Cabang Makassar berlangsung secara efektif mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Perilaku siswa di lingkungan SMA Muhammadiyah 6 Makassar tergolong ada kategori berperilaku baik yang diukur dari perilaku atau akhlak siswa kepada Allah, akhlak pribadi, akhlak dengan sesama dan akhlak kepada lingkungan sekolah. Pendidikan Agama Islam sangat urgen dilakukan untuk membina siswa SMA Muhammadiyah 6 Makassar agar memiliki perilaku khususnya siswa yang tergolong berperilaku tidak baik yang masih berada pada kategori tinggi.
The Importance of Teaching Islamic Education Towards Student’s Behaviour of SMA Muhammadiyah 6 Makassar
ABSTRACT
This research aimed at description of the realization of Islamic education, to know more about student’s behaviour of SMA Muhammadiyah 6 Makassar, and to know also about the importance of Islamic education of SMA Muhammadiyah 6 Makassar.
This research was a qualitative-survey research with the samples consisting of 103 persons from three classes in SMA Muhammadiyah 6 Makassar. The data on the Islamic education and student’s behaviour around SMA Muhammadiyah 6 Makassar were collected through the instrument in the form of questionnaire developed in Ghutman scale. The data on the description of State SMA Muhammadiyah 6 Makassar were collected through documentation and interviews.
The result of the research showed that the realization Islamic education at SMA Muhammadiyah 6 Makassar runs well effectively from the first until the last. Students behaviour is in SMA Muhammadiyah 6 Makassar is categorized into good behaviour, which is got from students habit to the god, personal behaviour, humanity behaviour and social behaviour. Islamic education is very important to education and upgrade student’s of SMA Muhammadiyah 6 Makassar, in order the students should have good behaviour in addition the number of students who have bad behaviour are still reduce.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, untuk mengetahui gambaran perilaku siswa di lingkungan SMA Muhammadiyah 6 Makassar, dan mengetahui urgensi Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku siswa SMA Muhammadiyah 6 Makassar
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang bersifat kualitatif dengan anggota populasi sebanyak 103 orang siswa yang berasal dari 3 kelas di SMA Muhammadiyah 6 Makassar. Data efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam dan perilaku siswa di lingkungan SMA Muhammadiyah 6 Makassar dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang dikembangkan dalam skala Guthman, Teknik dokumentasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang gambaran SMA Muhammadiyah 6 Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 6 Cabang Makassar berlangsung secara efektif mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Perilaku siswa di lingkungan SMA Muhammadiyah 6 Makassar tergolong ada kategori berperilaku baik yang diukur dari perilaku atau akhlak siswa kepada Allah, akhlak pribadi, akhlak dengan sesama dan akhlak kepada lingkungan sekolah. Pendidikan Agama Islam sangat urgen dilakukan untuk membina siswa SMA Muhammadiyah 6 Makassar agar memiliki perilaku khususnya siswa yang tergolong berperilaku tidak baik yang masih berada pada kategori tinggi.
The Importance of Teaching Islamic Education Towards Student’s Behaviour of SMA Muhammadiyah 6 Makassar
ABSTRACT
This research aimed at description of the realization of Islamic education, to know more about student’s behaviour of SMA Muhammadiyah 6 Makassar, and to know also about the importance of Islamic education of SMA Muhammadiyah 6 Makassar.
This research was a qualitative-survey research with the samples consisting of 103 persons from three classes in SMA Muhammadiyah 6 Makassar. The data on the Islamic education and student’s behaviour around SMA Muhammadiyah 6 Makassar were collected through the instrument in the form of questionnaire developed in Ghutman scale. The data on the description of State SMA Muhammadiyah 6 Makassar were collected through documentation and interviews.
The result of the research showed that the realization Islamic education at SMA Muhammadiyah 6 Makassar runs well effectively from the first until the last. Students behaviour is in SMA Muhammadiyah 6 Makassar is categorized into good behaviour, which is got from students habit to the god, personal behaviour, humanity behaviour and social behaviour. Islamic education is very important to education and upgrade student’s of SMA Muhammadiyah 6 Makassar, in order the students should have good behaviour in addition the number of students who have bad behaviour are still reduce.
0 comments:
Posting Komentar