Hubungan Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dan Minat Mengikuti Pelajaran Agama pada Siswa SMAN Di Kabupaten Jeneponto

ABSTRAK


Gejala rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an diduga dapat mempengaruhi rendahnya minat siswa mengikuti mata pelajaran pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, dengan rumusan masalah yaitu bagaimana gambaran minat siswa mengikuti pelajaran agama, kemampuan membaca Al-Qur’an? dan hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dan minat siswa mengikuti pelajaran agama pada SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto.? Masalah penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan korelasional dengan sampel sebanyak 116 siswa dari 3 SMA Negeri, yang dipilih secara purpossive proportional random sampling. Data kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan intrumen tes membaca Al-Qur’an dan data minat siswa mengikuti pelajaran agama menggunakan instrumen kuesioner dengan model skala Likert, Teknik dokumentasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang gambaran SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa membaca Al-Qur’an pada SMA Negeri di Kaupaten Jeneponto tergolong sedang berarti bahwa siswa membaca al-Qur,an tanpa disertai dengan tajwid dan makhrad yang benarj. dan secara umum siswa SMA Negeri di kabupaten Jeneponto kurang berminat mengikuti mata pelajaran pendidikan agama. Terdapat hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan minat siswa dalam mengikuti pelajaran agama pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto, yang berarti bahwa faktor yang mempengaruhi minat siswa mengikuti mata pelajaran pendidikan Agama Islam adalah kemampuan siswa SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto membaca Al-Qur’an.



Untuk memperoleh naskah selengkapnya silahkan pesan disini

0 comments:

Posting Komentar