BAB I.   
Pendahuluan


Konsep dasar administrasi secara filosofis bersumber dari eksistensi manusia. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Manusia tidak dapat hidup tanpa melakukan kerjasama antar sesamanya. Ilmu yang mempelajari proses kegiatan kerjasama manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan  adalah Ilmu Administrasi. Administrasi dapat ditemukan  dalam setiap kehidupan manusia, baik dalam bidang politik, pemerintah, sosial, ekonomi, budaya maupun keagamaan.
Selain konsep administrasi, konsep dasar pembangunan yang membicarakan tentang upaya suatu masyarakat  untuk membangun kehidupannya kearah yang lebih baik dari sebelumnya. Upaya tersebut tidak dapat dilakukan jika manusia tidak melakukan kerjasama satu sama lain. Dari sinilah sesungguhnya dapat ditemukan hubungan antara administrasi sebagai suatu ilmu dengan konsep pembangunan sebagai bentuk aktifitas manusia untuk memperbaiki kehidupannya dimasa datang.

BAB II.   
Konsep Administrasi dan Konsep Pembangunan


A.Konsep Administrasi

Kata “Administrasi “ berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari kata ad dan ministrare. Kata ad mempunyai arti yang sama dengan kata to dalam bahasa Inggeris, yang berarti “ ke “ atau “ kepada”. Dan manitrare sama arinya dengan kata to serve atau to conduct yang berarti “ melayani , membantu, atau  mengarahkan”. Dalam bahasa Inggeris  to administer berarti pula “mengatur, memlihara, dan mengarahkan”.
Jadi kata administrasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan untuk mencapai suatu tujuan.

1.Administrasi dalam Arti Sempit
Dalam pengertian ini administrasi diambil dari istilah Belanda “addministratie” yang berarti setiap penyusunan keterangan – keterangan secara sistimatis dan pecatatannya secara tertulis dengan maksud uuntuk memperoleh suatu ikhtisar mengenai keterangan – keterangan itu dalam keseluruhannya dan dalam hubungannya satu sama  lain. ( Westra dalam Hidayat 16  ).

Untuk memperoleh naskah lengkap, silahkan klik disini

0 comments:

Posting Komentar