Etika dan Administrasi Pembangunan (005-MK)

BAB I
PENDAHULUAN

Konsep-konsep tentang nilai moral dan etika dalam administrasi pembangunan dirumuskan dan diterapkan dalam  kehidupan kenegaraan dan llingkup administrasi pembangunan, khsusnya dalam rangka memutuskan dan menetapkan kebijakan serta implementasi kebijakan yang telah dibuat. Hal tersebut menjadi sangat penting sehingga betul-betul dapat dirasakan bahwa sesungguhnya peran etika dalam administrasi pembangunan menjadi suatu hal yang mutlak. Kemanfaatan konsepsi etika tersebut hanya akan terasa apabila menjadi bagian  dari dinamika administrasi. Pada prinsipnya etika administrasi negara merupakan salah satu cabang etika terapan. Beberapa teori dan konsep yang membahas tenang kaidah normatif yang terdapat di atara  penguasa negara, wakil rakyat, pelaksana admnistrasi dan warga engara. Demikian pula konsep seperti keadilan, kedaulatan rakyat dan norma kebijaksanaan dan sebagainya. (Wahyudi, 2001)

Supaya proses admiistrasi dan playanan publik dapat  dilaksanakan dengan baik  maka para pembuat keputusan dalam rangka pelaksanaan pembangunan harus memiliki landasan yang tetap dalam pengambilan kebijakan dan keputusan tersebut. Salah satu hal yang harus dijadikan pertimbangan mutlak adalah pertimbangan berdasarkan nilai-nilai moral. Beberapa kaidah umum berkaitan dengan aturan ormatif tersebut menurut Wahyudi (2001) adalah: (1) Pertimbangan normatif hendaknya menuju kepada kebaikan bersama, (2) Selalu mawas diri dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam rangka mengangkat harkat dan marrtabat kemanusiaan, (3) memiliki pola prilaku, jujur, adil, ramah, cerdas, bertanggung jawab dan sebagainya.

Secara khusus bahwa para administrator diharapkan dapat  melaksanakan proses pembangunan  secara efektif dan efesien  serta memiliki komitmen yang kuat dalam pencapain tujuan pembangunan baik dalam perumusan kebijakan maupun implementasi kebijakan tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut maka pada makalah ini akan kami bahs tentang masalah yang berkaitan dengan etika administrasi dan pelaksanaan pembangunan.

BAB II
ETIKA ADMINISTRASI DAN PEMBANGUNAN


A.Hakikat Etika
Etika dalam konteks tertentu terkadang dipersamakan dengan moral atau moralitas. Dalam banyak tulisan penggunaan istilah tersebut terkadang tidak konsisten. Terkadang menggunakan kedua istilah tersebut secara bersamaan dengan makna yang sama yaitu moral dan etika. Etika berasal dari bahasa Yunani “ethos” yang berarti kebiasaan atau watak, sementara “moral” berasal dari bahasa Latin “mos (mores) yang berarti cara hidup atau kebiasaan.

Untuk naskah selengkapnya, silahkan klik disini

0 comments:

Posting Komentar